-->
yes
no
5/Promotion/slider
no

TAHAPAN SAAT MEMULAI BISNIS ONLINE

Tidak ada komentar

Apa Saja Sih Yang Harus Dilakukan Saat Memulai Bisnis Online

1 Lakukan Riset: Cari Pasar dan Produk yang Tepat
Langkah pertama adalah menentukan produk atau jasa yang ingin Anda jual. Pikirkan dengan matang apakah yang menjadi passion Anda dan berpotensi untuk diperjualbelikan. Jika Anda masih juga bingung, cobalah beberapa tips berikut:
o    Lihatlah sekitar Anda, maka Anda bisa menentukan apakah produk atau jasa yang dibutuhkan dan diminati banyak orang.
o    Jadilah seorang problem solver, saat Anda menemukan masalah di sekitar, pikirkan produk atau jasa yang bisa menjadi solusinya.
o    Perhatikan kemampuan dan pengetahuan serta passion Anda, pikirkan apa yang bisa Anda jual dengan lebih baik daripada orang lain.
o    Pikirkan bagaimana produk atau jasa tersebut bisa ditukar menjadi sebuah nilai yang berarti. 
o    Dengan kata lain, jangan langsung menentukan produknya, tetapi Anda harus mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat sekitar terlebih dahulu. Kemudian melihat pengetahuan dan kemampuan Anda untuk meng-upgrade produk atau jasa menjadi lebih baik.
Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan produk atau jasa yang berpotensi untuk membawa kesuksesan dalam bisnis Anda.
2 Punya Toko Online
Selanjutnya, Anda perlu menentukan sarana dalam proses jual beli tersebut. Apakah Anda ingin membuka sebuah gerai, atau membuka website? Karena dalam topik kali ini yang dibahas adalah bisnis online, maka Anda bisa mempertimbangkan membuka sebuah website, marketplace, media chat sosial, atau akun media sosial sebagai sarananya.
Pastikan lagi media ini tepat dan menyasar pada target pembeli produk atau jasa yang Anda jual, misalnya:
o    Jika Anda ingin menarget anak muda, gunakan media sosial yang digemari anak muda seperti Instagram dan Twitter.
o    Jika Anda ingin menarget keluarga dan kelompok yang lebih luas, Anda bisa menggunakan BukaLapak atau Facebook. 
o    Jika modal yang dimiliki sedikit dan Anda baru saja memulai, disarankan untuk menggunakan sarana yang sudah ada, misalnya:
o    Marketplace: Bukalapak, Tokopedia, Shoppee, dan sebagainya
o    Media sosial: Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya
o    Aplikasi social chat: BBM, LINE, WhatsApp, dan sebagainya
Jika bisnis semakin berkembang, maka Anda bisa mulai membuat website sendiri. Mengapa? Karena membuat sebuah website membutuhkan biaya. Dengan kata lain, modal Anda bertambah.
tips ini sangat jitu dalam melakukan binsis online, jika anda mendapatkan kesulitan, anda bisa menghubungi anekahosting untuk kebutuhan webhosting. kami akan memberikan solusi yang pas untuk bisnis online anda


TIPS:
Anda bisa dengan mudah berjualan di marketplace. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:
o     Tokopedia
o     Bukalapak
o     Kaskus FJB
o     OLX
o     eBay (internasional)
kita lihat cara buka toko di 2 marketplace besar di Indonesia, yakni Tokopedia dan BukaLapak:
o    cara bukatoko di tokopedia
3 Pelajari Pemasaran Digital
Setelah tokonya tersedia, kini saatnya mulai berjualan. Namun sayangnya sebagus apapun produk atau jasanya, akan sia-sia jika produknya tidak diketahui orang. Anda bisa memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu, dan aksesnya mudah serta luas. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif.
Selain itu, gunakanlah juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace, produk Anda akan diketahui publik lebih cepat. Nah, jika keduanya masih kurang efektif, Anda bisa buat blog sederhana dan gratisan,
melalui bloggermediumtumblr atau situs lainnya. Fungsinya sebagai tempat untuk menuliskan testimonial, penjelasan produk dan lain sebagainya. Terakhir, gunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO dalam situs pencarian seperti Google. Dengan memahami SEO, secara tidak langsung Anda mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya
4 Hati-Hati dengan Manajemen Keuangan
Masalah keuangan adalah salah satu penyebab kegagalan usaha online shop paling utama. Banyak yang terjerumus dalam kegagalan hanya karena gagal me-managekeuangannya. Apabila Anda ingin sukses memulai usaha online shop, mulailah anggap penting manajemen keuangannya. Misalnya dengan memperlakukan bisnis dengan professional.
Sebagai contoh adalah dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak pernah tercampur. Kemudian Anda harus mulai menentukan modal awal bisnis, seperti biaya izin usaha, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya.
Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya. Anda bisa membuat sistem keuangan sendiri atau menyewa jasa akuntan sehingga sistem yang dibuat semakin jelas dan terjamin.
Menghitung Modal Kerja (Net Working Capital)
Net working capital atau modal kerja merupakan kalkulasi likuiditas yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar liabilitas saat ini dengan aset saat ini.
Alat ukur ini penting bagi banyak pihak, mengingat kemampuannya untuk menunjukkan bagaimana sebuah usaha memanfaatkan asetnya secara efisien. Net working capital berfokus pada liabilitas saat ini seperti trade debts, accounts payable,dan vendor notes yang harus segera dibayarkan. Apabila sebuah usaha tidak bisa memenuhi kewajibannya dengan aset yang tersedia, maka pemilik usaha akan dipaksa untuk menggunakan aset jangka panjangnya.
Hal ini bisa mengakibatkan penurunan tingkat operasi, penjualan, dan bahkan bisa menjadi sebuah indikasi masalah keuangan dan organisasi yang parah.
Rumus:
Rumus net working capital bisa diperoleh dengan mengurangi liabilitas saat ini dari asetnya. Secara umum, rumusnya dapat diformulasikan sebagai berikut:
Net working capital = aset saat ini – liabilitas saat ini
Keterangan:
Aset saat ini yang biasanya dimasukan dalam perhitungan adalah uang tunai, accounts receivable, inventory, dan investasi jangka pendek. Liabilitas saat ini yang biasanya dimasukan dalam perhitungan adalah accounts payable, accrued expenses dan pajak, customer deposits, dan trade debt (beberapa orang juga memperhitungkan utang jangka panjang sebagai liabilitas).
#5 Kembangkan ke Produk Lainnya
Jika Anda berhasil dengan produk yang satu, maka Anda dapat mencoba melanjutkan langkah 1–4 untuk produk berikutnya. Jika Anda ingin mempelajari cara berbisnis, Anda bisa mempelajarinya melalui ebookFinansialku yang dapat di-download secara GRATIS. Ebook bisnis ini tentunya bisa menjadi panduan Anda dalam memulai bisnis online shop.
Mulailah Usaha Online Shop Anda!
Nah, sudahkah Anda terbayang seperti apa cara membuka usaha online shop? Kini pertanyaan-pertanyaan di kepala Anda sudah terjawab. Anda tidak perlu ragu lagi dan bisa memulai usaha online sukses milik Anda sendiri. Jika Anda berhasil, jangan lupa untuk berikan komentar di kolom komentar dan bagikan artikel ini kepada teman-teman yang juga sedang mempertimbangkan untuk membuka bisnis online.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)