-->
yes
no
5/Promotion/slider
no

Kendala Bisnis Online yang Sering Dihadapi

Tidak ada komentar


Kendala Bisnis Online yang Sering Dihadapi Di Indonesia
Kendala bisnis online – Perkembangan bisnis online di Indonesia mengalami sangatlah pesat. Hal ini mengalami dikarenakan potensi pasar di Indonesia sangatlah besar.
Bahkan perkembangan bisnis online ini diprediksi oleh banyak pengamat perkembangan ini akan terus meningkat setiap tahunnnya. Walau perkembangan bisnis online sangatlah pesat bukan berarti tidak memiliki kendala dan permasalahan.
Banyak para pemula tidak mengetahui tentang kendala-kendala yang akan dihadapi oleh mereka ketika menjalankan bisnis online. inilah yang menjadi penyebab banyaknya pebisnis online mengalami kegagalan membangun usaha online mereka.
Berikut beberapa kendala bisnis online yang sering di hadapi di Indonesia :
1. Keterbatasan pengetahuan tentang bisnis online
Potensi bisnis online di Indonesia sangatlah besar dan menguntungkan. Hal ini membuat banyak orang yang memulai bisnis online. Namun yang menjadi pemasalahan mereka adalah tidak memikirkan kendala dalam berbisnis online. Kendala terbesar para pebisnis online di Indonesia adalah tidak memiliki pengetahuan untuk mengembangkan bisnis online. Bahkan masih banyak orang yang masih buta terhadap internet.
Keterbatasan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh pebisnis online membuat mereka menjalankan bisnis dengan cara yang tidak efektif. Hal ini membuat bisnis mereka menjadi tidak maksimal bahkan tidak menghasilkan apapun. Dengan tidak berkembangnya usaha online mereka membuat rata-rata pebisnis pemula ini berhenti.
Oleh sebab itu seorang pebisnis harus terus mempelajari dasar-dasar bisnis online dan juga pengetahuan tentang pengembangan usaha. Anda dapat mempelajarinya dengan cara mencarinya dengan membaca ebook, bergabung dengan forum atau dapat mencari mentor bisnis online.
2. Kompetisi bisnis online yang sangat ketat
Ketika anda terjun ke dalam bisnis online maka anda harus menyadari bahwa komptisi atau persaingan dalam bisnis online sangatlah ketat. Dunia bisnis online di Indonesia saat ini sudah dijejali oleh pebisnis online termasuk pebisnis yang serius ataupun sekedar coba-coba.
Contohnya anda ingin berjualan baju online maka anda akan menemukan banyak online shop yang berjualan baju termasuk online shop yang besar maupun yang kecil. Untuk mengatasi persaingan tersebut maka anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat mengatasinya.
Strategi pemasaran toko online yang biasa dilakukan dengan cara menetapkan harga barang yang lebih murah dari pesaing lainnya. terutama untuk produk anda yang memiliki persaingan yang ketat. Atau anda dapat memasarkan produk yang unik dan tidak dimiliki oleh kompetitor. Hal ini tentunya anda akan lebih mudah untuk bersaing di pasaran. Namun anda harus tetap memilih produk unik yang memiliki permintaan dan memikat konsumen.
3. Koneksi internet yang lambat
Untuk menjalankan bisnis online hal vital yang dibutuhkan adalah ketersediannya akses internet yang baik. Tanpa akses internet maka bisnis online tidak dapat dijalankan sama sekali.
Koneksi Internet yang lambat banyak menjadi kendala bagi pebisnis online terutama di Indonesia terutama di daerah luar kota. Bahkan di beberapa tempat di Indonesia belum terkoneksi dengan internet. Kendala bisnis online ini tentunya akan menjadi penghambat bagi pebisnis daerah yang menginginkan bisnis mereka dapat di onlinekan.
4. Proses pengiriman barang dari toko online ke pembeli
Permasalahan proses pengiriman barang ini juga menjadi kendala bagi pemilik toko online. Area pengiriman yang ada saat ini masih belum bisa menjangkau daerah tertentu di Indonesia. Tentunya hal ini akan menjadi kendala jika penjual mendapatkan pembelian dari daerah tersebut. Selain itu permasalah yang timbul dari proses pengiriman ini adalah barang menjadi rusak ketika barang di kirim kepada konsumen.
5. Marak penipuan dalam bisnis online
Dengan semakin berkembang bisnis online ini sering dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk melakukan aksi penipuan. Kasus-kasus penipuan ini merupakan hal yang tidak bisa di hindari dari berbisnis online. Penjual yang melakukan aksi penipuan ini tentunya dapat mengurangi kepercayaan pembeli terhadap bisnis online.
Contohnya seorang membeli hijab di online shop kemudian dia transfer kepada penjual. Namun ternyata tidak dikirim oleh penjual kepada pembeli. Dengan maraknya penipuan ini membuat banyak pebisnis online harus bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.
6. Keamanan toko online
Keamanan sebuah toko online sering menjadi incaran para hacker. Hal ini dikarenakan toko online selalu berurusan dengan data pelanggan dan juga pembayaran online. Jika keamanan situs tidak terjamin dapat merusak reputasi toko online anda dan juga membahayakan informasi pelanggan anda.
Oleh sebab itu anda harus memastikan bahwa toko online anda memiliki keamanan dan terlindung dari serangan hacker dan bocornya data pelanggan anda.
Toko online harus melindungi situsnya terutama untuk proses pembayaran dengan sistem keamanan yang berlapis. Anda dapat menggunakan sistem pembayaran online yang aman dan mengunakan kata kunci yang rumit sehingga sulit terbaca oleh hacker.
7. Permasalahan teknis
Permasalahan teknis merupakan kendala bisnis online yang sering dihadapi pebisnis online. contohnya pemilik situs mencoba menjalankan kode skrip yang dijalankan pada situs namun skrip tersebut tidak dapat berjalan.
Masalah teknis tentunya terkadang dapat menghambat bisnis anda karena harus menemukan solusi untuk memperbaiki permasalahan ini. Itulah pembahasan tentang 7 kendala bisnis online yang sering dihadapi di Indonesia. Dengan mengetahui beberapa kendala dalam berbisnis online maka anda dapat mengantisipasinya ketika telah memulai berbisnis online. dan anda juga harus memiliki server yang bagus untuk bisnis anda, hubungi anekahosting untuk server yang lebih baik dari yang lain.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)