-->
yes
no
5/Promotion/slider
no

apa sih Cpanel itu?

Tidak ada komentar

MENGENAL BEBERAPA FITUR PENTING DARI CPANEL

Cpanel adalah kontrol panel terproteksi. Untuk masuk perlu username dan password. Informasi alamat akses Cpanel dan login ada dalam email aktivasi hosting. Cpanel sendiri ditampilkan dalam format web base, artinya bisa diakses melalui browser internet, semisal Internet Explorer, Firefox, Safari, dll.
Fungsi Cpanel adalah sebagai jembatan perintah-perintah teknis ke program-program pendukung website yang berada di web server. Program pendukung website misalnya database MySQL, Apache/LiteSpeed, PHP, dll. Karena fungsinya sebagai jembatan, maka web designer bisa mengelola kebutuhan website. Beberapa diataranya adalah :
  •       Membuat/hapus alamat email
  •       Menciptakan email forwarder
  •       Membuat/hapus nama/user database MySQL
  •       Upload file-file website dan database
  •    Atur konfigurasi PHP
  •       Melihat statistik pengunjung website
  •    Konfigurasi keamanan (security) folder/website
  •    Pengaturan sub domain/parkir domain dan tambahan domain (addon domain)
  •    Install instan script website, misal wordpress, joomla, dll.
  •    Dan banyak lagi.

 

Web Server
web server adalah komputer yang 24jam online berfungsi menyebarkan website ke dunia internet. Dalam web server terinstall program-program pendukung website semisal Operating system Linux, database MySQL, program server Apache/LiteSpeed, konfigurasi PHP, dll. Mirip degan komputer yang digunakan oleh masyarakat yang ada program Windows, Microsoft Word, Windows Media Player, Adobe Photoshop, dll. Namun komputer web server lebih dikhususkan untuk kebutuhan penyediaan program-program website saja.
Pelanggan/Web designer faham cara membuat website dengan program pembuat website, semisal Adobe Dreamweaver, MS Frontpage, dll, sehingga menghasilkan file-file design berekstensi html, css, js, atau php. Dalam aplikasi yang kompleks, juga menghasilkan file ekstensi sql hasil dari pengolahan database MySQL. Di era web 2.0, pengguna sudah menggunakan program aplikasi pendukung website, misal AppServ, Xampp, Wamp, dll dimana software server, MySQL, PHP sudah termasuk didalamnya.
Ketika sudah selesai buat website di lingkungan offline, web designer harus membeli domain name dan paket webhosting agar nantinya website bisa online di internet. 
di AnekaHosting menyediakan domain name ekstensi internasional (com, net, org, dll) dan ekstensi Indonesia (co.id, sch.id, dll). lihat di sini

Bagian bagian Cpanel diantaranaya adalah

a. Preferences
Bagian ini memungkinkan anda untuk memperbaharui informasi akun anda, selain itu juga terdapat panduan pemakaian hosting anda.
b. Mail
Bagian ini untuk segala macam pengaturan email yang berhubungan dengan akun hosting anda.
c. Files
Bagian ini untuk pengaturan File Website dan sistem Backup akun hosting.
d. Database
Segala macam informasi mengenai database diatur di bagian ini dari pembuatan database sampai dengan remote database.
e. Domains
Pembuatan Subdomain, Domain Parking dan AddOn domain beserta
konfigurasinya diatur di bagian ini.
f. Security
Bagian ini untuk mengatur Keamanan file dan akun hosting anda.
g. Advanced
Pengaturan tingkat tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan
h. Logs
Bagian ini untuk melihat hasil pencatatan dari suatu proses akun hosting seperti statistik pengunjung, pemakaian bandwidth dan catatan error sistem
i. Software and Services
Bagian ini ada fitur layanan yang bisa di integrasikan dalam sistem hosting anda.
j. Softaculous Apps Installer
Beberapa daftar aplikasi installer yang disediakan oleh Softaculous seperti aplikasi forum, toko online, blog dan lainnya.
Kesimpulannya: Cpanel adalah aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai kontrol panel program-program pendukung website yang tertanam dalam komputer web server. Cpanel sendiri sejatinya sebuah merk kontrol panel yang populer di Indonesia dan mayoritas digunakan oleh perusahaan penyedia web hosting di seluruh dunia salah satunya yang terbaik saat ini adalah AnekaHosting. silahkan anda kunjungi untuk melihat artikel lain dan penawaran paket dari kami.





author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)