-->
yes
no
5/Promotion/slider
no

Pengertian Domain dan Hosting

Tidak ada komentar

Apa Itu Pengertian Domain? Atau Pengertian Hosting?
Tentu, kita sering mendengar istilah domain dan hosting ini di internet dan di dunia blogging. mudahnya, yang dimaksud domain adalah sebuah nama atau alamat yang dipakai untuk mengunjungi suatu website. Misalnya google.com, youtube.com dll. Sedangkan pengertian hosting adalah tempat dimana website dan domain tersebut tinggal, mudahnya semacam server atau memory.
Cara kerja domain dan hosting memang meniru perumpamaan di atas. Dimana setiap domain akan menjadi sebuah alamat dari sebuah website dan website tinggal di dalam web hosting. Domain ada beberapa jenis, saya menggolongkannya menjadi TLD (Top Level Domain) dan Free domain. TLD adalah kependekan dari Top Level Domain. Sedangkan free domain adalah domain yang bebas kita peroleh, tanpa mengeluarkan biaya.
Ayo kita Mengenal Nama Domain dan Hosting lebih jauh lagi.
Siapa yang bertanggung jawab  mengurus nama domain?
Nama domain dikelola oleh organisasi nonprofit, yang bernama ICANN. Mereka yang mengatur bagaimana domain TLD bisa sampai sekarang ini.
Domain mengarah ke web hosting melalui DNS Server, DNS mengarahkan domain pada web hosting. Setiap web hosting memiliki IP Address, IP Address inilah yang menjadi alamat web hosting. Domain hanyalah alat untuk mempermudah manusia menuliskan alamat web. Bayangkan jika kita harus mengingat 12 digit nomor untuk mengunjugi google, atau IP address versi 6 yang mencapai 16 digit.
Domain dan Hosting Gratis
Adakah nama domain dan web hosting yang gratis?
ada, tetapi umumnya domain dan hosting gratis tidak sebaik domain dan hosting berbayar, pasti ada kelemahan-kelemahan pada setiap pilihannya. Domain gratis biasanya menjadi halangan apabila kita mendaftarkan website/blog dengan domain gratis tersebut ke penyedia layana periklanan atau mau dikomersilkan, banyak penyedia layanan iklan atau layanan lainnya yang dalam TOS mereka tidak menyetujui website dengan domain gratis. Hosting pun sama, banyak penyedia layanan hosting yang tidak memberikan biaya apabila kita berniat mendaftar dilayanan hosting gratisan. Kendalanya, hosting gratisan biasanya tidak stabil dan support yang diberikan pun sangat kurang.
Fitur hosting gratisan pun terbilang sangat minim, seperti bandwidth (besar data transfer yang terpakai untuk 1 halaman website yang ditampilkan ke pengunjung dari webserver) yang terbatas dan space (media menyimpan data) yang kecil. Lebih jelasnya tentang hosting akan saya jelaskan di bawah.
Berbagai Jenis Hosting
Perlu diketahui, ada beberapa jenis hosting dipenyedia layanan hosting. Berikut keterangan pendek tentang macam-macam hosting tersebut:
Free Hosting Service: Hosting tanpa biaya sepeser pun tetapi, support dan fitur yang diberikan sangat minim, kadang-kadang terdapat iklan.
Shared Hosting Service: Lebih baik dari Free Hosting Service, shared hosting relatif lebih stabil dan pelayanan yang diberikan lebih baik. Di sini website kita disimpan di CPU yang dipakai bersama dengan website lainnya, tetapi stabilitas website akan terjaga. Kelemahannya adalah ketika pengunjung mencapai batas resource penggunaan CPU, website kita akan down. klik di sini untuk melihat contohnya
Dedicated Hosting Service: Yang ini hampir tidak mempunyai kelemahan, hanya saja biaya yang dikeluarkan relatif mahal. Di sini kita memakai full satu server untuk website kita sendiri. Semua bisa kita kontrol, termasuk install ulang server kita, konfig sana sini dan layanan super cepat dari Support Hosting. contoh dedicated hosting
Cloud Hosting Services: Kalau ini lebih powerfull lagi, jenis server ini masih sulit untuk ditemukan. Intinya jika satu server down, maka server yang lain akan menghendelnya atau backup dari server yang down. Untuk harga saya tidak bisa menyebutkan, tetapi kebanyakan dihitung bukan per bulan, tetapi per jam.


Saran Saya…
Jika kamu berniat membuat website yang dikomersilkan, jangan mulai dengan domain dan hosting yang gratisan. Ingat, kecepatan adalah segalanya untuk bisnis dan free hosting biasanya tidak begitu cepat.
Domain .com dan .net sangat cocok jika kita ingin membuat sebuah blog atau website komersil. Keduanya merupakan TLD domain yang sudah terbukti SEO.
Memilih hosting pun demikian, di luar sana sangat banyak hosting gratisan. Tetapi, ketika kita membuat suatu bisnis, memakai free hosting adalah sebuah kesalahan. Saya percaya bahwa uang akan membuat uang lainnya.
Nah buat anda yang sudah paham dengan domain dan hosting, jika anda ingiin memiliki nama domain dan hosting, anda bisa menghubungi anekahosting. Aneka hosting memberikan pelayanan yang terbaik untuk anda yang memiliki bisnis.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)