-->
yes
no
5/Promotion/slider
no

Tugas Tugas Marketing Komunikasi

Tidak ada komentar

Tugas tugas marketing komunikasi

Profesi pekerjaan Marketing Communication (Marcom) sangatlah vital untuk perusahaan. Mengingat job desc yang dilakukan oleh Marcom ini bisa mempengaruhi income dari perusahaan. Tak heran jika profesi Marketing Communication sangat diminati banyak orang, karena akan membuat ‘gengsi’ tersendiri bisa bekerja di profesi ini.
Namun, apakah kamu sudah mengenal apa itu Marketing Communication (Marcom)?
Jika belum mengetahuinya, mari simak artikel ini sebentar. Sesuai dengan namanya ‘Marketing Communication‘ terdiri dari dua kata yaitu Marketing dan Communication, jadi pekerjaan yang digunakan oleh perusahaan untuk memberikan informasi dengan tujuan meningkatkan brand maupun konsumen baik langsung mamupun tidak langsung agar tepat sesuai pasar yang dituju. Kunci utama profesi pekerjaan ini adalah di Komunikasi.
Maka dari itu sangat penting bagi calon pegawai yang ingin bekerja sebagai Marcom harus memiliki skill komunikasi yang baik.

Bukan sekedar pandai berbicara, tetapi bagaimana bisa menyampaikan informasi dari perusahaan sesuai dengan target pasar. Untuk itu sangat penting untuk memahami siapa penerima pesan, bagaimana cara penyampaiannya, dan media apa yang digunakan untuk menyampaikannya. Sehingga nantinya pesan dapat tersampaikan dengan tepat.
Ada beberapa hal  ruang lingkup profesi Komunikasi Pemasaran :
1)     Menganalisa pasar serta kebutuhan konsumen
2)     Melihat persepsi konsumen tentang sebuah produk atau produk yang dijualnya
3)     Mengevaluasi perilaku pasar yang sudah dipetakan untuk digunakan sebagai acuan target
4)     Menentukan strategi promosi dan media yang akan digunakan
Di era sekarang ini tugas Marketing Communication juga memiliki tantangan yang cukup besar. Apalagi dengan semakin genjarnya digital marketing. Tapi itu tidak masalah, karena digital marketing itu hanyalah media saja.
Yang lebih penting adalah bagaimana pegawai yang bekerja di bidang ini bisa memiliki kriteria berikut ini :
§  Mampu memahami keunikan produk perusahaannya. Dengan mengetahuinya maka nanti akan lebih mudah dalam melakukan strategi pemasaran.
§  Memiliki kemampuan dibidang pemasaran dan komunikasi. Jelas ini dua hal yang harus dipunya kalau ingin berprofesi sebagai Marcom.
§  Mampu cepat tanggap. Seseorang yang bekerja sebagai Marcom harus cepat tanggap terhadap situasi persaingan yang ada. Selain itu juga dapat dengan sigap berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah yang ada.
§  Punya softskill yang bagus. Karakter dalam profesi ini sangat dijunjung tinggi. Misalnya saja pandai bergaul, open mind, dan berjiwa enerjik. Menjaga attitude juga sangat penting, karena menjaga attitude diri sendiri sama artinya menjaga citra perusahaan.
Sedangkan tujuan dari Marketing Communication sendiri adalah untuk :
§  Meningkatkan brand awerness perusahaan
§  Meningkatkan minat pasar terhadap produk
§  Meningkatkan intensitas pasar terhadap produk
§  Memfasilitasi pembeli
Adapun tugas-tugas dari Marketing Communication adalah :
§  Melakukan Promosi. Berupa aktivitas menjual produk yang sifatnya jangka pendek/panjang
§  Melakukan Iklan. Bentuk representasi terhadap produk namun tidak dilakukan secara langsung oleh orang.
§  Melakukan Pemasaran langsung. Bisa melalui email, telepon, fax, dan lainnya.
§  Melakukan Penjualan Pribadi. Yakni melakukan negosiasi langsung secara tatap muka dengan calon pembeli.
§  Menjalin hubungan dengan pihak lain. Pihak lain di sini bisa dari masyarakat atau instansi yang tujuannya untuk memberikan program dalam rangka mempromosikan produk. Misalnya menjalin kerjasama sponsorship, dll.
Dan hal yang paling mudah yaitu memiliki webhosting untuk keperluan perusahaan anda, agar anda terlihat lebih profesional. Silahkan kunjungi anekahosting untuk hosting pembuatan anda.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)