yes
no
5/Promotion/slider
no

Jumat, 12 Oktober 2018

Cara Meningkatkan SEO Pada Toko Online

Tidak ada komentar

Cara Meningkatkan SEO Pada Toko Online

1. Sertakan review dari pembeli di halaman produk
Review produk merupakan salah satu elemen paling vital dalam halaman produk terkait SEO. Karena berupa konten yang fresh dan original, review akan memperkaya halaman anda dengan keyword. Enaknya, konten review didapatkan secara otomatis. Review juga mampu meningkatkan rangking anda untuk kata kunci “nama produk + review” dan long tail keyword lainnya.
Kalau anda mengaplikasikan dengan tepat, review berbintang akan muncul di halaman pencarian Google. Sehingga CTR website anda akan meningkat. Tapi tidak hanya SEO. Review juga akan meningkatkan penjualan anda. Lihat statistik dari penelitian: 63% pengunjung lebih memilih untuk membeli di website yang ada review-nya (iPerceptions, 2011)
Review akan meningkatkan penjualan produk hingga 18% (Reevoo, 2013) 61% calon pembeli akan membaca review terlebih dahulu sebelum membeli (Econsultancy, 2012) Maka dari itulah hampir semua ecommerce besar memberikan kolom bagi pembeli untuk meninggalkan review. Masalahnya, jarang pembeli yang mau meninggalkan review begitu saja.
Karena itu lakukan tips meningkatkan review: Minta review melalui halaman produk (seperti gambar di atas), dan buat prosesnya jadi semudah mungkin Berikan insentif bagi pemberi review, bisa berupa kupon diskon atau bonus lain Kirimkan email. Tapi jangan langsung setelah membeli, tunggu 3-5 hari setelah pembeli menerima barang agar mereka bisa mencoba produknya terlebih dahulu
2. Gunakan struktur data Schema.org untuk halaman produk
Untuk bisa mendapatkan gambar bintang, jumlah review, harga, dan sebagainya di hasil pencarian, Ada 5 data utama yang bisa muncul di hasil pencarian:
1.     Ketersediaan barang
2.     Diskon/harga khusus
3.     Nama produk & harganya
4.     Review dan rating bintang
5.     Gambar atau video
Memang butuh kemampuan teknikal untuk mengaplikasikan struktur data ini, jadi kalau anda tidak bisa melakukan sendiri gunakan jasa web development. Sedangkan bagi pengguna WordPress untuk ecommerce anda bisa menggunakan salah satu plugin ini:
Setelah itu lakukan tes di Google Structured Data Testing Tool.
3. Gunakan keyword dengan commercial intent pada judul halaman
Judul adalah salah satu elemen halaman yang paling tinggi efeknya terhadap rangking. Karena toko online tidak berisi banyak konten, maka peranan judul menjadi makin penting dalam website anda. Makanya sangat penting untuk mengoptimasi judul. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah melakukan riset kata kunci di Google Keyword Planner untuk mendapatkan kombinasi kata yang volume pencariannya tinggi.
Tips
Lakukan riset untuk kata kunci berupa nama produk dan merk produk. Contohnya:
Merk produk: MacBook Pro
Nama produk: Laptop (atau notebook)
Merk produk digunakan untuk halaman produk sedangkan nama produk digunakan untuk halaman kategori (dibahas lebih lanjut di bawah).
Jangan memilih hanya berdasarkan volume pencarian, tetapi pilih juga yang memiliki commercial intent. Tujuannya supaya traffic yang kita dapatkan tepat sasaran. Commercial intent maksudnya keyword yang digunakan oleh user yang melakukan pencarian dengan tujuan ingin membeli sesuatu.
Dalam contoh gambar di atas, “jual” punya volume lebih tinggi daripada “beli” dan dalam bahasa Indonesia keduanya memiliki intent yang sama.
Jadi anda bisa menggunakan judul “Jual MacBook Pro …..” untuk mendapatkan traffic lebih besar. Sementara keyword “harga macbook pro” memang memiliki volume yang tinggi nilai commercial intent-nya lebih rendah daripada “jual”dan “beli”. Meskipun begitu, anda juga bisa mengoptimasi halaman produk dengan keyword ini.
Seperti yang dilakukan oleh Lazada.
Beberapa contoh kata dalam keyword yang memiliki commercial intent:
1.     Beli (Transactional)
2.     Jual (Transactional)
3.     [nama produk] Murah (Commercial investigation)
4.     [merk produk] Murah (Transactional)
5.     Harga (Commercial investigation)
6.     Diskon/promo (Transactional)
7.     Second/bekas (Transactional)
4. Buat halaman pedoman pembeli (buyer’s guide)
Konten sangat berhubungan erat dengan kualitas SEO suatu website. Untuk website toko online, disinilah letak konten anda. Buyer’s guide atau pedoman pembeli yaitu panduan bagi calon pembeli dalam memilih suatu produk dalam kategori tertentu. Jangan keliru antara pedoman pembeli dengan pedoman langkah-langkah membeli barang dari website anda.
Pedoman pembeli yang berkualitas akan memberikan bantuan yang luar biasa terhadap keseluruhan SEO dari website anda.
Inilah manfaatnya dalam hal SEO:
1.     Merupakan konten berkualitas yang bermanfaat bagi pengunjung, sehingga mudah mendapatkan peringkat tinggi.
2.     Kaya dengan keyword commercial investigation, akan mengundang banyak calon pembeli.
3.     Berpotensi mendapatkan backlink yang akan meningkatkan otoritas website anda secara keseluruhan. Ini akan dibahas lebih lajut di bawah.
Disamping SEO, pedoman pembeli wajib ada di toko online karena sangat mempengaruhi penjualan anda.
Di bawah ini beberapa manfaat lainnya:
1.     Membantu pengunjung menentukan pilihan tanpa perlu pergi dari website anda
2.     Meningkatkan kepercayaan calon pembeli kepada anda
3.     Meningkatkan konversi penjualan
4.     Membuat pedoman pembeli
Karena sangat mempengaruhi kualitas website anda secara keseluruhan, pastikan anda mengikuti tips ini dalam membuat pedoman pembeli:
1.     Gunakan tone yang profesional tapi tetap terkesan ramah
2.     Netral dan berupa fakta, tidak memihak suatu produk tanpa alasan yang kuat
3.     Harus menarik, kita ingin pengunjung membaca dari awal sampai akhir tanpa kebosanan
4.     Sertakan banyak gambar dan data
5.     Tidak bertele-tele, singkat, dan harus mudah disimak
6.     Pastikan isi kontennya tidak cepat kadaluarsa
5. Berikan deskripsi produk lebih dari 250 kata
Di halaman produk inilah pemilik toko online melakukan kesalahan terbesar. Ada berbagai macam kesalahan yang sering dilakukan.
Di antaranya yaitu:
1.     Terlalu singkat, tidak informatif
2.     Copy-paste dari deskripsi produk resmi
3.     Kaku
4.     Karena berupa konten, sangat penting untuk menyertakan deskripsi produk yang kaya dengan informasi.
5.     Sayangnya beberapa pemilik toko online malas untuk membuat deskripsi sehingga mereka memilih untuk menyalin dari website resminya.
6.     Halaman produk tersebut sama sekali tidak menerangkan apapun selain kata kunci produknya.
Untuk mendapatkan konten yang baik di halaman produk, sertakan informasi berupa:
1.     Kalimat deskripsi
2.     Spesifikasi produk
3.     Keunggulan & kekurangan
4.     Halaman ini menjadi halaman dimana seorang calon pembeli mengambil keputusan akhir.
5.     Karena itu tugas utama anda disini adalah membujuk dan meyakinkan mereka untuk membeli.
dan terakhir jika kalian ingin memiliki webhosting untuk kebutuhan bisnis online anda atau website pribadi anda, bisa langsung hubungi anekahosting

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)