yes
no
5/Promotion/slider
no

Minggu, 14 Oktober 2018

Fungsi Ping di CMD

Tidak ada komentar

 Fungsi Ping di CMD

Ping (Packet Internet Gopher) merupakan perangkat atau program pada windows yang dipergunakan untuk melakukan pengecekan konektivitas pada komputer yang saling terhubung. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengirimkan satu pesan ICMP (Internet Control Message Protocol) pada IP address yang akan diujicoba mengenai konektivitasnya, dan setelah itu menunggu respon.
Selain itu Ping juga dipergunakan untuk melakukan instalasi IP address pada suatu host seperti berikut ini:
Ping loopback: untuk melakukan test pada software TCP/IP.
Ping IP alamatku: untuk melakuan tes pada perangkat jaringan di suatu host.
Ping alamat IP host lainnya: untuk melakukan test apakah jalurnya sudah benar.
Ping nama suatu host: melakukan test apakah sistem DNS telah berjalan.
Fungsi Ping
Melakukan pengecekan mengenai troubleshooting pada jaringan komputer
Melakukan cek mengenai kualitas koneksi jaringan. Setelah mengirim ping nanti akan muncul statistik paket lost. Apabila paket lost 0 = nol% yang berarti bagus.
Time pada ping menggambarkan ketersediaan bandwidth. Apabila bandwidth habis maka statistik Time akan makin besar. Umumnya ISP akan menyediakan bandwidth untuk ping secara khusus.
Untuk mengetahui status up atau status down komputer pada jaringan.
Melakukan monitoring “status available” kompiter pada jaringan.
Mengetahui respon komunikasi pada suatu jaringan.
Cara Kerja Ping
Cara kerja fungsi perintah ping di CMD adalah mengirimkan paket ICMP_ECHO serta beberapa data lainnya ke suatu host tujuan. Selanjutnya host tujuan akan memberikan balasan menggunakan paket ICMP_ECHOREPLAY dengan data yang telah dikirimkan sebelumnya. Secara default butuh waktu sekitar 1 detik sebelum mengirim ICMP_ECHO berikutnya.
Pengguna juga bisa melakukan setting pada periode menggunakan nol serta melakukan floodping jika data yang akan dikirim tergolong cukup besar dan butuh koneksi yang cepat (T1 maupun Ethernet).
Beberapa perintah ping yang yang paling sering dipergunakan adalah:
ping –t: melakukan perintah ping menuju host tertentu secara terus-menerus tanpa henti, baru akan berhenti jika dihentikan.
Ping –a: melakukan perintah ping serta mencari nama host komputer tujuan. Misalnya: ping –a 202.14986.20 
Ping –w timeout: untuk mengatur timeout dalam ukuran milisecond untuk menunggu setiap reply.
Uji Coba Perintah Ping
Anda bisa mencoba melakukan fungsi perintah ping di CMD. Caranya:
Klik pada Start Menu Windows, selanjutnya klik RUN, lalu ketik CMD dan OK. Setelah muncul tampilan di layar, ketik Ping google.com, maksudnya adalah Anda sedang melakukan pengecekan apakah komputer dapat terhubung dengan server Google.
Jika muncul Reply pada layar hitam yang disebut command prompt dengan kode-kode berarti komputer Anda dapat terhubung dengan Google. Namun jika tidak muncul Reply dan muncul tulisan Request Time Out, artinya komputer Anda belum bisa terhubung dengan Google.
Request Time Out (RTO) menunjukkan bahwa komputer Anda mungkin sedang mengalami gangguan saat saling berkirim pesan. Namun bukan berati bahwa hubungan terputus begitu saja. Kemungkinan besar bisa pula disebabkan pesan yang dikirim melalui perintah pung memakan waktu yang lama sehingga ketika melewati batas waktu yang ditetapkan maka secara otomatis status pengiriman  dianggap gagal.
Anda bisa melakukan cek pada firewall terlebih dahulu. RTO kemungkinan juga bisa terjadi karena adanya sistem pengaman firewall yang sedang aktif pada sistem operasi komputer milik Anda yang mana bisa mem-blok pesan yang Anda kirim. Maka Anda perlu untuk men-non-aktifkannya. RTO juga bisa terjadi karena protocol ICMP tidak diperbolehkan lewat sebab dianggap akan membebani jaringan.
Demikian penjelasan mengenai pengertian ping serta fungsi perintah ping di CMD. Semoga bermanfaat untuk anda. Jika anda membutuhkan webhosting untuk keperluan bisnis anda, silahkan hubungi anekahosting untuk hosting terbaik di Indonesia


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)