-->
yes
no
5/Promotion/slider
no

MASALAH DALAM BERJUALAN ONLINE

Tidak ada komentar

Dibutuhkan lebih dari sekedar website yang bagus dan menarik untuk menjalankan bisnis online. Banyak orang yang merasa siap meluncurkan bisnis online dan mengharapkan keberhasilan, tapi sering kali kenyataannya tidak demikian. Mereka mengharapkan keberhasilan tanpa melihat fakta tentang bagaimana bisa mencapainya.
Para wirausahawan baru melakukan kesalahan yang sama. Mereka fokus mengumpulkan saran sebanyak mungkin dari para pengusaha berpengalaman dan mengabaikan kenyataan kalau tiap bisnis punya cerita masing-masing. Tips tentang bagaimana menghindari kesalahan paling umum dalam bisnis yang diberikan oleh pengusaha berpengalaman kepada para pemula hanya berguna bila bisnis telah siap dijalankan. Bila tidak, maka tak ada manfaat yang bisa diambil.
Menciptakan bisnis online yang sukses bukan tugas mudah. Tak peduli seberapa bagus atau uniknya produk dan layanan Anda, Anda tetap perlu berkompetisi dengan banyak bisnis lain untuk mendapat perhatian audiens target. Di luar sana menjadi dunia kompetisi yang sebenarnya, dan siapapun ingin menghasilkan uang.



Tapi Anda tak perlu panik. Tiap 60 detik, Google menerima 4 juta query. Selain itu, tiap menit, ada 2,5 juta update di Facebook dan 3000 Tweet. Mungkin ini terkesan angka yang menakutkan. Tapi angka ini mengindikasikan kalau meski ada ribuan bisnis di luar sana yang menawarkan produk  dan layanan yang sama seperti Anda, masih ada cukup ruang di internet untuk Anda menghasilkan uang dengan melakukan usaha terbaik yang Anda bisa. Lengkapi informasi Anda dengan membaca artikel kami tentang tips membuka toko online
Masalah Ketika Berbisnis Online
Kebanyakan orang gagal dalam bisnis online pertama mereka. Ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan bila Anda tertarik memperoleh keuntungan melalui bisnis online. Untuk membantu Anda lebih baik memahami elemen apa saja yang perlu Anda fokuskan, berikut daftar beberapa tantangan terbesar yang tiap pengusaha hadapi ketika memulai bisnis online.
Awal yang cukup sulit
           Ketika Anda memilih dan menguji sebuah ide untuk melihat tingkat keberhasilannya di pasar nyata di luar sana, penting bagi Anda untuk berpegang teguh pada ide ini, meski semua berjalan tidak sesuai rencana. Butuh waktu bagi sebuah bisnis untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan.  Bahkan, kebanyakan perusahaan tidak menghasilkan sepeserpun dari apa yang mereka investasikan hingga akhir tahun pertama. Banyak pemilik bisnis online berpengalaman mengatakan kalau 60 hari pertama menjadi periode yang paling sulit. Bila Anda bertahan di periode ini, berarti Anda punya kesempatan memiliki bisnis yang berhasil.
Menemukan niche yang tepat
        Internet merupakan marketplace yang kompetitif, dimana hanya beberapa ide bisa membuahkan keberhasilan jangka panjang. Berkompetisi dengan raksasa internet seperti Amazon dan eBay pada sektor tertentu atau memasuki pasar dimana pelanggan potensial Anda masih lebih memilih mencoba item contoh membuat Anda perlu mengidentifikasi niche yang tepat dan memposisikan produk dengan baik. Sebuah retail aksesoris rambut online, misalnya, menargetkan pasar spesifik dan memilih produk yang tidak biasa.
Keraguan diri
Apakah Anda terlahir untuk menjadi pengusaha? Bila Anda tidak memiliki pemikiran spesifik tentang ini, rasa percaya diri akan menurun dan semua menjadi sulit untuk Anda. Pengusaha sejati berpikir sedikit berbeda dari orang yang tidak terlahir untuk dunia bisnis ini. Mereka ibarat orang yang meracik minuman baru dari bahan-bahan yang tersedia, bukan orang yang keluar dan membeli kebutuhan untuk membuat minuman yang sempurna.
Pemikiran ini membuat mereka mengembangkan strategi relasi, menjual sebelum membeli, dan hanya menanggung resiko yang bisa mereka tanggung. Selain itu, mereka tidak menetapkan tujuan, tapi mengikuti arus dan melakukan perubahan seiring waktu.
Ekspektasi yang tidak realistis
Pendiri perusahaan baru cenderung berpikir mereka bisa melakukan tugas semua posisi di dalam perusahaannya. Pemasaran, penjualan, dan sebagainya mereka tangani sendiri, dan mereka melakukan kesalahan. Kebanyakan pengusaha muda memiliki masalah ego yang besar yang menutupi visi dan penilaian mereka. Mereka tidak menyadari kekurangan diri.Selain itu, mereka cenderung  memiliki ekspektasi yang tidak realistis tentang kesuksesan perusahaan. Mereka menargetkan tujuan yang hampir tidak bisa dicapai, dan mereka jatuh ketika tidak bisa mencapainya.
Satu hal yang perlu diingat, Anda ingin mendapat lebih banyak uang dan hasil yang lebih baik, Anda membutuhkan kerja keras dan waktu untuk mencapainya. Masalah waktu dan ekspektasi ini biasanya terjadi pada perusahaan startup. Mereka punya keinginan untuk masuk pasar secepat mungkin, membuktikan mereka layak, dan menghasilkan keuntungan. Karena antusiasme macam ini, mereka biasanya gagal mengalokasikan waktu untuk mengetahui secara spesifik apa yang ingin mereka jual. Sangat penting untuk melihat Anda dan perusahaan dari sudut pandang yang realistis. Fokuskan lebih pada apa yang terjadi sekarang, daripada apa yang Anda rencanakan di masa mendatang.
Keamanan
Ini jadi satu masalah terbesar pada daftar ini. Bila Anda akan berurusan dengan data pelanggan dan pembayaran online, Anda lebih baik pastikan kalau tiap bagian dari bisnis Anda aman 100 persen. Bahkan perusahaan besar masih punya masalah dengan keamanan, jadi bagaimana Anda bisa melindungi diri dari semua jenis kebocoran data dan serangan hacker? Bila Anda ingin membuat pelanggan merasa aman, Anda perlu menjaga website dengan server yang baik dengan support pelanggan setiap saat. Salah satu penyedia layanan hosting yaitu anekahosting memberikan 100% layanan yang terbaik untuk toko online anda, dan data anda akan aman terjamin.
Kepercayaan
Meski membangun relasi jadi cara yang direkomendasikan untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli, ini saja tidak akan memecahkan masalah. Setelah pembeli menyadari kalau bisnis online Anda bisa dipercaya tapi penjual individu Anda tidak, tingkat kepercayaan akan menurun. Dan ini bisa berdampak pada tingkat konversi pada platform Anda.
Solusi untuk masalah ini dengan memastikan pembeli terhindar dari penipuan bentuk apapun. Sistem transparansi jadi sebuah keharusan. Satu cara untuk mencapai ini adalah dengan meminta pelanggan yang sudah pernah bekerjasama dengan Anda untuk membuat ulasan tentang layanan bisnis  Anda. Ketika pelanggan baru melihat ulasan ini, mereka akan lebih tertarik untuk mencoba produk Anda dibanding bila tidak ada ulasan dari pihak ketiga.
Presentasi produk
Pada bisnis ecommerce biasanya pemilik memiliki kontrol pada cara produk dan detailnya dipresentasikan kepada pelanggan. Tak jarang pemilik bisnis menggunakan jasa model dan fotografer profesional untuk membantu menciptakan gambar promosi yang diinginkan. Tapi di awal pembentukan marketplace, pemilik bisnis hanya memiliki sedikit kontrol pada bagaimana produk dipresentasikan. Masalahnya, banyak penjual yang masih dalam tahap belajar.
Temukan sistem yang bisa memandu Anda melewati proses penciptaan listing yang sukses, mengajarkan bagaimana menciptakan fotografi yang baik, dan meniru fitur yang dibutuhkan. Ada juga website yang menyediakan tool proses gambar untuk mengubah foto produk amatir menjadi gambar produk yang berkualitas tinggi.
Layanan pelanggan
Toko ecommerce konvensional memiliki sistem manajemen pelanggan terpusat yang mempermudah memenuhi kebutuhan pelanggan. Tapi pada marketplace, pembeli yang tidak senang dengan produk atau layanan dari seorang penjual biasanya akan mengarahkan keluhan pada marketplace, bukan pada penjual. Masalah yang terus terjadi ini sering kali meningkat menjadi masalah PR atau serangan media sosial.
Solusinya ada pada penetapan ekspektasi yang tepat diantara para pembeli. Marketplace tidak bisa bertahan bila dituntut bisa melakukan tugas dari pemilihnya. Perusahaan seperti Alibaba dan eBay bisa sukses karena mereka mampu mengkomunikasikan ke pembeli kalau terjadi masalah layanan produk, yang bertanggung jawab adalah pabrik atau penjual, bukan platformnya.
Kompetisi meningkat
Tak pernah mudah untuk memulai sebuah bisnis. Sudah hilang masa dimana dibutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk memulai bisnis. Sekarang bila Anda bisa membeli nama domain dan mendaftarkan bisnis online Anda, berarti Anda sudah memasuki bisnis ini. Tapi bisa bertahan dalam sebuah bisnis jadi masalah yang cukup rumit. Meski dulu saran dari para ahli bisnis memiliki harga mahal dan membutuhkan banyak waktu, sekarang Anda bisa temukan ahli secara online untuk menjawab banyak pertanyaan Anda. Ini membantu Anda memulai sebuah toko online, misalnya, untuk memperoleh kartu bisnis dan bahan pemasaran dengan harga yang sangat terjangkau.
Kemudahan memulai bisnis ini menciptakan tingkat kompetisi yang lebih besar. Anda akan menemukan bisnis berbeda berkompetisi untuk tiap produk yang dijual dan bisnis baru yang fokus pada satu item untuk menjadi yang terbaik dalam satu bidang. Peningkatan kompetisi yang lebih terfokus akan membuat lebih sulit bagi bisnis untuk mendapat pelanggan yang mau membeli produk mereka. Yang terjadi adalah perang persepsi, fokus, dan pemasaran. Pemilik bisnis yang menguasai elemen ini dan memberikan  pengalaman pelanggan yang baik akan memenangkan penjualan.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)