-->
yes
no
5/Promotion/slider
no

Cara mudah belajar hosting

Tidak ada komentar

Artikel kali ini saya akan coba membahas apa itu hosting, cara hosting, tempat hosting gratisan (untuk belajar), mengelola control panel hosting, dan sedikit tentang domain. Panduan ini juga berguna untuk rekan-rekan guru yang ingin mengelola website sekolah sendiri. Apa itu hosting? Secara garis besar hosting adalah tempat atau server file-file website. Sebagaimana orang file website juga butuh rumah alias tempat, tentu yang dimaksud tempat adalah server-server yang terhubung dengan jaringan internet selama 24 jam. Utuk menempati rumah file website tersebut kita mesti menyewanya sesuai dengan jenis dan ukurannya sesuai yang dibutuhkan.
Sedangkan dalam Wikipedia pengertian hosting sebagia berikut:
“Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTPFTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.”
Jenis layanan hosting
·         Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
·         VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
·         Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
·         Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
Cara hosting



Untuk menerangkan bagaimana caranya hosting, tentu saya juga mesti menunjuk salah satu layanan hosting agar pembaca bisa langsung mempraktikan cara hosting tersebut. Untuk sekedar belajar kita pilih layanan hosting gratis saja, dan saya pilih layanan hosting gratisannya Anekahosting.
·         Jika sudah mempunyai sebuah account email, langsung saja regiistrasi di situsnya Anekahosting.
·         Klik tombol Buat Akun untuk registrsi
·         Isi form dengan lengkap seperti Nama, Email, Password & Confirmasi Password, Capcha, jangan lupa centang persetujuan. Jika form sudah diisi dengan benar klik tombol Buat Akun.
·         Jika pendaftaran tidak ada masalah maka pendaftaran selsai, selanjutnya periksa email. Konfirmasi akan dikirimkan ke email kita, termasuk ussername dan password dari Anekahosting. Dengan ussername dan password tersebut selanjutnya kita login kembali ke Anekahosting untuk melengkapi pendaftaran akun baru, pada langkah ini kita akan melengkapi subdomain (tentu kita akan memilih sub domain gratis), buat ussername dan password baru yang nantinya akan digunakan untuk login kita ke halaman CPanel.
·         Tunggu beberapa saat sampai proses selesai, jika proses sudah mencapai 100% klik tombol Lihat Hasil (View Result)
·         Jika sudah muncul keterangan akun aktif, klik tomblol Beralih/Switch.
·         Sampai langkah ini berarti kita sudah menyelesaikan pembuatan akun Cpanel Anekahosting kita, untuk selanjutnya kita tinggal mengelola halaman Cpanel tersebut.
Karena kita telah mendaptar hosting di Anekahosting, maka cPanel yang akan kita kelola adalah halaman cPanel Anekahosting. Domain
Sedikit tentang apa itu domain, saya akan menjelaskannya dalam perspektif saya saja. Diatas kita telah mengetahui apa itu Hosting. Hosting dan Domain itu dua hal yang tidak terpisahkan. Hosting itu ibarat rumahnya buat file website, sedangkan domain ibarat alamatnya. Untuk mengetahui apa itu domain dengan pengertian yang spesifik dan akademis silahkan cari saja di artikel anekahosting.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia. Murah bukan berarti murahan melainkan memberikan harga yang sangat kompetitif dan terjangkau untuk pelanggan kami. Terbaik artinya memberikan pelayanan Web Hosting yang berkualitas dan bukan abal-abal [AnekaHosting Indonesia] (http://www.anekahosting.com/images/logo-anekahosting-blog.png)